Senin, 25 Juli 2011

E-commerce

. E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
“Elektronic Commerce adalah transaksi komersial dari produk dan jasa dalam format elektronik” (Transatlantic Business Dialogue Electronic Commerce White Paper, 1997)
“Electronic Commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktifitas komersial, baik organisasi maupun individual, yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang di digitalisasikan, termasuk teks, suara, dan gambar” (OECD, 1997)
Proses dalam E-commerce
  • Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan service (layanan).
  • Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
  • Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
  • Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.
Keuntungan transaksi E-commerce :
  • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  • Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  • Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  • Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Tags: , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar