Jumat, 29 Juli 2011

puisi

Kesimpulan
oleh : Niko Setiawan


sepucuk surat saat kubaca
beribu makna yang aku dapat
tersimpan walau hanya sdikit
tersalin saat berkata
    walau hanya sebentar memaknai
   tapi banyak pengartiaan yang kumengerti
  satu dari yang seribu arti
  berjuta dari yang kudapati
menepi saat barjalan di hari
harus ku mengerti satu hati
biar terungkap makna
kuhapus duka lara

Senin, 25 Juli 2011

E-commerce

. E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
“Elektronic Commerce adalah transaksi komersial dari produk dan jasa dalam format elektronik” (Transatlantic Business Dialogue Electronic Commerce White Paper, 1997)
“Electronic Commerce merujuk secara umum kepada semua bentuk transaksi yang berkaitan dengan aktifitas komersial, baik organisasi maupun individual, yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang di digitalisasikan, termasuk teks, suara, dan gambar” (OECD, 1997)
Proses dalam E-commerce
  • Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan service (layanan).
  • Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
  • Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
  • Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.
Keuntungan transaksi E-commerce :
  • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  • Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  • Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  • Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Tags: , , ,

Minggu, 24 Juli 2011

silabus E-Commerce versi 1

Tujuan Umum:
Mahasiswa memahami konsep dan istilah perdagangan secara elektronik melalui internet dan mampu membuat website untuk mengaplikasikan konsep tersebut.
Tujuan Khusus:
  • Mahasiswa memahami berbagai konsep yang berhubungan dengan e-commerce.
  • Mahasiswa memahami konsep email, domain dan hosting.
  • Mahasiswa mampu melakukan instalasi webserver secara lokal.
  • Mahasiswa mampu melakukan instalasi berbagai program open source yang berhubungan dengan e-commerce.
  • Mahasiswa mampu melakukan penyetelan dan pemutahiran konten dari berbagai program e-commerce.
  • Mahasiswa mampu melakukan proses instalasi dan menggunakan program e-commerce secara online.
  • Mahasiswa mampu mempromosikan website lewat search engine dan media promosi lainnya.

Silabus:
Materi: Pengenalan E-Commerce
Waktu: 2 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa memahami definisi e-commerce dan sejarahnya
- Mahasiswa memahami berbagai model bisnis e-commerce (b2b, b2c, c2b, c2c) beserta contohnya
- Mahasiswa memahami berbagai metode bertransaksi secara online (cc, transfer, internet banking)
Kebutuhan:
- Dosen membutuhkan koneksi internet untuk menunjukkan berbagai contoh website e-commerce dan mendemonstrasikan proses transaksi
Materi: E-Mail, Domain, Hosting
Waktu: 2 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa memiliki dan mampu menggunakan e-mail
- Mahasiswa memahami konsep domain dan hosting
- Mahasiswa mampu melakukan regstrasi domain dan hosting
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk: register domain dan hosting, praktek penggunaan email
Materi: Webserver dan Dasar HTML
Waktu: 3 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa memahami konsep file dan folder yang berhubungan dengan webserver
- Mahasiswa mampu melakukan installasi program webserver pada komputer lokal
- Mahasiswa memahami syntax dasar HTML
- Mahasiswa mampu mengupload file yang dibutuhkan untuk menampilkan website sederhana yang telah dibuat
Kebutuhan:
- Jaringan komputer (LAN) untuk membantu memahami konsep webserver
Materi: Installasi dan Penggunaan WordPress
Waktu: 3 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu menginstall WordPress pada webserver
- Mahasiswa mampu registrasi pada server wordpress.com
- Mahasiswa mampu melakukan penyetelan dasar WordPress
- Mahasiswa mampu memutahirkan kontent WordPress, yang termasuk di dalamnya: Posts, Pages, Tags, dan Categories
- Mahasiswa mampu mengupload kontent WordPress, yang termasuk di dalamnya: gambar, suara, file, dsb
- Mahasiswa mampu mencari dan mengganti theme WordPress
- Mahasiswa mampu mencari, menambah, mengaktifkan, menonaktifkan plug-in pada WordPress
- Mahasiswa mampu meletakkan dan memindahkan widget pada WordPress
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk praktek
Materi: Installasi dan Penggunaan Plug-In Shopping Cart
Waktu: 1 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu menginstall dan menggunakan plug-in shopping cart untuk WordPress
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk praktek
Materi: Promosi Website
Waktu: 2 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu mendaftarkan situs ke dalam search engine, yang diantaranya adalah: google, bing, yahoo, dan alexa
- Mahasiswa memahami konsep ranking google dan alexa
- Mahasiswa mampu menambahkan widget page rank dan alexa ke dalam sebuah website
- Mahasiswa mampu mempromosikan websitenya dengan cara: link exchange, forum/email signature, iklan baris online, social network
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk praktek
Materi: Pencarian Konten dan Penerjemahan Menggunakan Google
Waktu: 1 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu mencari informasi yang spesifik dengan menggunakan Google
- Mahasiswa mampu mencari gambar yang spesifik dengan menggunakan Google
- Mahasiswa mampu mencari dokumen dengan format: pdf, doc, xls, zip dengan menggunakan Google
- Mahasiswa mampu melakukan penerjemahan suatu website dengan bantuan Google
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk praktek
Materi: Internet Data Mining
Waktu: 1 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu menggunakan internet untuk mencari pelanggan yang berpotensi
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk praktek
Materi: Bulk Email dan Bulk SMS
Waktu: 1 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mengenal dan mampu menggunakan software Bulk Email dan Bulk SMS
- Mahasiswa memahami aturan dan etika dari penggunaan Bulk Email dan Bulk SMS
Kebutuhan:
- Komputer dan HP yang kompatible dengan software Bulk SMS
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet untuk praktek
Materi: Online Supporting
Waktu: 2 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu melakukan instalasi dan penyetelan software online supporting
- Mahasiswa mampu melakukan online supporting dengan contoh kasus yang telah disediakan
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan koneksi internet dan LAN untuk praktek
Materi: Menyediakan Customer Support
Waktu: 2 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu melakukan pemasangan plug-in (chatbox, forum) yang dapat digunakan untuk melakukan Customer Supporting pada websitenya
- Mahasiswa mampu melakukan customer supporting dengan contoh kasus yang telah disediakan
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan LAN untuk praktek
Materi: Berbagai Plug-In WordPress
Waktu: 2 Pertemuan
Target:
- Mahasiswa mampu menginstall dan menggunakan beberapa plug-in WordPress yang mampu memperkaya fungsi sebuah website.
Kebutuhan:
- Mahasiswa membutuhkan komputer untuk praktek.
Pengenalan
 E
-Commerce



1.    Pendahuluan

Definisi E-Commerce ( Electronic Commerce) :

E-commerce merupakan suatu cara  berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver". Ecommerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .

Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :


  •  Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan layanan.
  •  Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
  • Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
  • Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi


  • Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
    • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
    • Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
    • Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
    •  Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.


Arsitektur dan Konfigurasi Sistem

Arsitektur dasar dari aplikasi web ini adalah arsitektur clientIserver. Artinya pemrosesan aplikasi ini dijalankan melibatkan kedua sisi yakni sisi mesin server pusat dan sisi clien



Gambar 2. Arsitektur Client/Server


Konfigurasi Sistem dan Tool

- Enkripsi Public-Key / Private-Key






- Sertifikat

Pesan terenkripsi yang dikirim dan diterima akan memiliki semacam ‘signature’, dan verifikasi selanjutnya dilakukan terhadap ‘signature’ tersebut

- Secure Protocol

Penggunaan Secure Socket Layer atau SSL. SSL adalah protokol tambahan dimana key dan sertifikat dari suatu situs e-commerce akan ditransfer ke browser atau ke server lain.

-          ­Enkripsi dan Tool Sekuriti







Web Application

Mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen.





 WebApp memiliki karakteristik seperti berikut ini :

1. Immediacy. Diperlukan segera untuk memenuhi ditayangkan, dipasarkan dalam waktu singkat.

2. Security. Untuk melindungi isi yang sensitif dan menyediakan pengiriman data yang aman, keamanan suatu WebApp harus diterapkan pada seluruh infrastruktur yang mendukung WebApp dan termasuk dalam WebApp sendiri.

3. Aesthetics. Daya tarik utama WebApp adalah tampilan dan keindahan. Jika WebApp digunakan untuk memasarkan suatu produk maka sisi aestetika harus diperhatikan sebagaimana sisi teknis.
Faktor-faktor yang menentukan kualitas suatu web digambarkan pada gambar 1.


















Gambar 1 :Faktor kualitas aplikasi web

Faktor-faktor yang menentukan kualitas suatu web digambarkan pada gambar 1. Gambar 1 :Faktor kualitas aplikasi web



http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=2&sqi=2&ved=0CBsQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.amikom.info%2Fmateri%2FE-COMMERCE%2Fmateri%2520tambahan.doc&rct=j&q=materi%20tentang%20e-commerce&ei=LvQsTsfTJ8HVrQeYvPixDQ&usg=AFQjCNERU5lkVcGaNaPlpk8Q5C4CAcZ81w&sig2=cTOaok1JhyYR4Mjt4ukJBg&cad=rja